ads-unit

Intip Keunikan Mobil Anti Peluru Pengawal Presiden Gus Dur

0
Anggota Yonif 400/Raider menunjukkan BTR taktis, Kendaraan pengawal presiden yang dipamerkan di acara Hari Juang Kartika di Semarang, Selasa (15/12/2015). (VIVA.co.id/Dwi Royanto (Semarang)Dwi Royanto (Semarang))
Oleh :
Suryanta Bakti Susila
Dwi Royanto (Semarang)

VIVA.co.id - Masyarakat Kota Lumpia Semarang, Jawa Tengah, berkesempatan mengenal dan melihat langsung sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik TNI/AD di Musem Mandala Bhakti Semarang.
Salah satu yang unik dan menjadi magnet pengunjung dari pameran alutsista itu adalah mobil anti peluru pengawal Presiden yang berpostur mewah dan ampuh.

Kendaraan lapis baja itu bernama BTR. Sebuah mobil anti peluru yang memiliki sejumlah fitur lengkap untuk pengamanan. Kendaraan ini, bahkan sudah pernah dipakai sejumlah Presiden RI sejak tahun 2002 silam. Mulai Presiden Abdurahman Wachid (Gusdur), Megawati Soekarno Putri, dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Kendaraan bercat hitam pekat ini merupakan buatan Pindad tahun 1995. Mobil ini dikenal handal melewati jalan terjal, sehingga mampu melakukan pengamanan khusus pada tamu kenegaraan.

"Ini adalah kendaraan pengawal khusus Presiden, sebelum perannya saat ini diganti oleh Tank Anoa," kata Sertu Cahyo Nugroho, anggota Yonif 400/Raider Semarang, Selasa 15 Desember 2015.

Dijelaskannya, kendaraan taktis itu sengaja dibawa dari markas Banteng Raider Srondol Semarang, untuk dipertontonkan ke khalayak umum dalam Rangka Hari Juang Kartika. Pada masa kejayaannya, kendaraan BTR ini juga kerap kali mengangkut personel dan mengawal tamu-tamu VIP kenegaraan.

About The Author

Hello, I am an web designer/developer from Melbourne, Australia. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium .

silahkan comment untuk memberi informasi yang akurat
Bisa Hubungi saya Di facebook.com/putra.stty